> Wah, Ternyata Luas Gudang Buku di Oxford 1,6 Kali Lapangan Football Wah, Ternyata Luas Gudang Buku di Oxford 1,6 Kali Lapangan Football ~ Bacaanmu Wah, Ternyata Luas Gudang Buku di Oxford 1,6 Kali Lapangan Football
| 2 comments ]
JAKARTA - Universitas Oxford sedang menyiapkan gudang penyimpanan untuk menampung kelebihan buku di perpustakannya. Tak tanggung-tanggung, gudang ini sengaja didesain dengan ukuran yang sangat besar.

Di gudang yang memiliki rak buku sepanjang 246 kilometer ini, para pustakawan harus menggunakan forklit untuk mengambil sebuah buku. Perpustakaan ini diharapkan bisa memenuhi kebutuhan ruang penyimpanan buku bagi perpustakaan Bodlein milik Universitas Oxford selama 20 tahun mendatang.


Dalam beberapa tahun terakhir, masalah keterbatasan ruang pada perpustakaan Bodlein telah menjadi masalah yang membuat para pengelolanya putus asa. "Kami telah kehabisan tempat untuk menyimpan buku sejak 1970-an. Keadaan ini makin menyusahkan dalam beberapa tahun terakhir," ujar pustakawan Oxford Dr. Sarah Thomas, seperti disitat dari situs BBC, Senin (11/10/2010).

Sarah menambahkan, sangatlah penting untuk menyimpan semua buku agar generasi mendatang memiliki akses atas rekaman ilmu pengetahuan di masa lampau.

Saat ini, perpustakaan Bodlein memiliki salinan dari semua judul buku yang diterbitkan di Inggris. Tiap harinya, ada sekira seribu buku baru tiba di perpustakaan tersebut. Nantinya, gudang baru perpustakaan Bodlein akan mampu menampung sedikitnya enam juta buku dan lebih dari 1,2 juta peta. Kebanyakan, buku yang akan disimpan di gudang yang terletak sekira 45 kilometer (28 mil) dari Oxford tersebut. Sementara, buku-buku populer dan koleksi khusus akan tetap disimpan di perpustakaan Bodlein, di kompleks Oxford.

Sekadar informasi, gudang baru ini memiliki 3.224 lorong dengan 95 ribu tingkat rak. Gudang yang bisa diperluas ini dirancang untuk menampung sekira 8,4 juta buku dan peta. Ada 600 laci map yang akan menampung 1,2 juta peta dan benda lainnya yang lebih besar. Jika diukur, luas lantai gudang ini sekira 1,6 kali lapangan footbal. Sedangkan, luas total permukaan rak adalah sepuluh kali lipat jumlah tersebut.

Para mahasiswa diberi tahu, jika mereka memesan sebuah judul buku pada pukul 10.00 waktu setempat, maka mereka akan menerima buku tersebut pada pukul 15.00. Selain itu, sejumlah buku akan dipindai dan dikirimkan kepada para mahasiswa secara elektronik. Diperkirakan, ada sekira 200 ribu permintaan buku tiap tahunnya.

"Gudang penyimpanan ini akan menjadi solusi atas kebutuhan ruang yang selama ini dialami perpustakaan Bodleian," ujar Sarah.

Sementara, Wakil Rektor Universitas Oxford Profesor Andrew Hamilton mengatakan, "Tidak berlebihan jika dikatakan perpustakaan Bodleian dengan koleksi luar biasa yang dimilikinya sangatlah penting."
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
http://bacaanmu.blogspot.com/
http://bacaanmu.blogspot.com/