> Pemilik Tanah Paling Luas Sedunia Pemilik Tanah Paling Luas Sedunia ~ Bacaanmu Pemilik Tanah Paling Luas Sedunia
| 1 comments ]
The New Statesman mengungkapkan, dari total daratan di dunia, diperkirakan sekitar 36,8 miliar hektare (ha) tanah telah dihuni manusia. Namun, yang menarik, 21 persen dari lahan tersebut disinyalir dimiliki para pemilik tanah ternama. Di antaranya Ratu Inggris, yang memiliki sejumlah lahan di Kanada dan Australia. Juga miliarder Amerika Serikat (AS) Ted Turner dan keluarga Irving asal Kanada. Berikut daftar pemilik tanah terluas di dunia seperti dikutip dari laman Business Insider.

Ratu Elizabeth II

Ratu Inggris ini tercatat memiliki tanah terluas di dunia, yakni seluas 6,6 miliar ha, termasuk Inggris, Irlandia Utara, Kanada, Australia, dan beberapa tempat lainnya. Yang tak kalah pentingnya adalah lahan di Falkland Islands. Elizabeth II tercatat cukup lama mempertahankan gelar Kerajaan Persemakmuran Inggris.


Raja Abdullah dari Arab Saudi

Pewaris takhta Raja Fahd ini berhasil menduduki urutan kedua orang paling banyak memiliki lahan di dunia. Kerajaannya mengontrol penuh atas 830 ribu mil persegi lahan kaya minyak di Kerajaan Arab Saudi, dengan total produk domestik bruto (PDB) sekitar US$618 miliar pada tahun lalu.

Raja Bhumibhol Thailand

Ia tercatat memiliki lahan seluas 128 juta ha di Thailand, termasuk garis pantai wisata yang ramah dan kota-kota dengan ekonomi yang kuat. Bhumibhol menjadi Raja Thailand sejak 1950 atau 11 tahun setelah negara itu berubah nama dari Siam menjadi Thailand. Ia adalah raja terlama di Asia dan sangat populer di Thailand. Terbukti, desas-desus kesehatannya yang menurun menyebabkan goncangan pasar keuangan di Thailand pada 2009.


Sultan Qaboos dari Oman

Sultan ini menguasai gurun yang ditempati sebagian besar bangsa Oman, termasuk pelabuhan-pelabuhan di sepanjang Pantai Sur. Pelabuhan ini menjadi pintu masuk utama perdagangan di wilayah tersebut. Qaboos adalah penguasa Oman dan kepala militer di negara tersebut. Selain itu, ia adalah pemimpin yang dinilai negara tetangganya cukup kebarat-baratan.

Raja Abdullah II dari Yordania

Ia diketahui memiliki lahan sekitar 35.637 mil persegi dari Kerajaan Yordania, yang masuk dalam keanggotaan Liga Arab dan Organisasi Perdagangan Dunia. Abdullah adalah penerus Raja Hussein yang sangat populer. Ia adalah generasi penerus Hussein, yang merupakan salah satu sekutu Amerika Serikat 'paling setia' di wilayah Timur Tengah. Saat ini, mereka juga sedang menghadapi realitas gejolak politik di kawasan Timur Tengah.


Emir Kuwait

Ia tercatat menguasai lahan seluas 4,4 juta ha, dari sekitar tujuh juta hektare yang ditempati bangsa Kuwait. Emir adalah pewaris tahta Kerajaan Kuwait yang berhasil menjalankan roda negara dengan baik. Namun, tidak semua tanah di Kuwait di bawah kendalinya. Sebab, sebagian dari lahannya berfungsi sebagai pangkalan militer Amerika.

Raja Swaziland Mswati

Raja di negara kecil Selatan Afrika ini memiliki lahan seluas 6.704 mil persegi di Swaziland. Negara itu tercatat sebagai salah satu "Monarki Absolute" terakhir di dunia. Sebab, Raja Mswati secara harfiah memiliki apa pun dari bangsa Afrika Selatan itu. Jadi, tidak ada hak atas tanah menurut hukum nasional negara tersebut yang tidak berada di bawah penguasaannya sebagai seorang raja.


James, Arthur, dan John Irving

Keluarga Irving ini memiliki tanah seluas 3,6 juta ha di Maine, New Brunswick, dan Nova Scotia (provinsi di Kanada). Kepemilikan lahan yang sangat luas ini membuat mereka menjadi pemilik lahan terluas di negara bagian dan provinsi di Kanada. Sebagai ahli waris perusahaan JD Irving Group, tiga bersaudara Kanada ini juga mendapat warisan ribuan kilometer persegi lahan hutan yang hasilnya digunakan perusahaan sebagai bahan kertas dan bubur kertas yang merupakan bagian dari portofolio bisnis mereka yang sangat beragam.

Sheik Hamad bin Khalifa dari Qatar

Sebagai seorang raja yang memimpin sebuah negara, ia dianggap memiliki tanah yang sangat luas di Qatar. Sheik Hamad diketahui memiliki lahan seluas 4.415 mil.Sheik Hamad Bin Khalifa merupakan tokoh modernisasi di Qatar dan menjadi pemimpin di Timur Tengah yang disukai negara Barat sejak ia mengambil tahta kekuasaan pada 1995.


Ted Turner

Miliarder AS ini memiliki luas tanah mencapai dua juta hektare. Di Amerika, ia memiliki ribuan mil persegi lahan untuk berburu, tepatnya di Georgia dan Montana. Ia juga memiliki sekitar 11 ribu ha tanah di Patagonia, Argentina. Turner adalah seorang pengusaha Amerika yang mendirikan Turner Broadcasting System yang meluncurkan stasiun televisi CNN dan lainnya sebelum dijual ke Time Warner.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
http://bacaanmu.blogspot.com/
http://bacaanmu.blogspot.com/