> Anak Indonesia Harapan Masa Depan, Besarkan Bangsa Kita! Anak Indonesia Harapan Masa Depan, Besarkan Bangsa Kita! ~ Bacaanmu Anak Indonesia Harapan Masa Depan, Besarkan Bangsa Kita!
| 37 comments ]
Indonesia, 65 tahun sudah berhasil merdeka mengibarkan sang saka merah putihnya yang terbentang di tengah langit biru yang luas dan penuh kedamaian. 350 tahun di bawah tekanan Belanda sang penjajah dan ditambah 3,5 tahun Indonesia terpuruk menderita dalam penyiksaan negara Jepang. Usai sudah kelam yang negara ini rasakan ketika sang pemimpin Ir. Soekarno memberanikan diri di bawah tekanan para pemuda dan didampingi rekan beliau Mohammad Hatta yang pada akhirnya di tanggal 17 Agustus 1945 beliau mengumandangkan kemerdekaan Indonesia dengan membacakan yang disebut teks proklamasi Indonesia. Berikut adalah teks dari proklamasi Indonesia tersebut:

Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia.

Hal-hal jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan dengan tjara seksama dan dalam tempo jang sesingkat-singkatnja.

Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen 05
Atas nama bangsa Indonesia.
Soekarno/Hatta

Masa lalu biarlah menjadi kenangan bagi kita seluruh bangsa Indonesia, baik itu pahit dan sadis. Jalan kedepan yang harus kita pandang bagaimana kita bisa ikut berperan dalam memajukan nusantara kita ini. Seperti yang orang lain sering katakan bahwa "sekaranglah saat yang tepat bagi mereka yang berjiwa muda untuk mulai mengambil tempat ". 

Di tahun 2010 ini, kata "berjuang" bukan lagi bermakna kalau kita harus mengasah bambu hingga runcing dan berangkat ke medan pertempuran untuk melawan para penjajah, tepat sekali bukan itu maknanya sekarang. Kita sebagai anak Indonesia sang penerus dan yang berkewajiban untuk mewujudkan harapan bangsa Indonesia dengan bersiap menghadapi tantangan dunia, yang harus dapat menaklukkan persaingan sengit di era globalisasi sekarang ini. Kita para pemuda-pemudi Indonesia yang menopang seluruh tanggung jawab itu sekarang. 


Indonesia adalah negara tropis, agraris, dan juga demokratis yang memiliki arti bahwa bangsa Indonesia luas dengan memiliki banyak SDA(Sumber Daya Alam) yang berlimpah-ruah serta dapat kita manfaatkan demi kemajuan bangsa dan makna demokratis yang berarti kepemimpinan mereka para pejabat di negeri ini adalah di bawah kepentingan kita para rakyat. Itu kesimpulan dari apa segala macam yang saya ketahui mengenai negara saya tercinta, Indonesia.

Sebenarnya, apa sih yang mesti kita lakukan sebagai anak muda untuk bangsa ini, untuk negeri tercinta kita ini? Apa kita sebagai generasi penerus hanya akan diam saja mengahadapi tantangan global sekarang ini?

Nah, sekarang yang akan saya ulas adalah mengenai apa sih skill/kemampuan yang harus kita miliki dalam melangkah maju menghadapi tantangan global sekarang ini, berikut wacananya:

1. Speaking English (Expert)

Hari ini kita saksikan, dunia telah semakin dan terus semakin maju diberbagai sektor yang mendorong kita untuk berkecimpung di dalamnya, bukan hal yang mudah meraih tempat disana. Mulai sejak awal tahun 2010 ini, saya jelas memperhatikan, terutama di koran, yang saya lihat adalah ketika ada kolom tempat informasi mengenai lamaran kerja di sana selalu tercantum kata "mahir berbahasa inggris". Kata tersebut berarti bahasa inggris penting dan dikedepankan dalam persyaratan lamaran kerja. Dan contoh lain seperti, ketika kita pergi dengan teman menonton bioskop, dan yang kita tau sekarang film yang booming ialah film-film luar negeri yaitu tepatnya dari US, otomatis film tersebut menggunakan bahasa inggris secara keseluruhan. Baiklah, saya akui bahasa inggris di contoh kali ini tidak terlalu penting karena akan ada subtitle berbahasa Indonesia yang akan ditampilkan bersamaan dengan pemutaran film. Nah, jadi bagaimana jika anda ternyata lagi naas dengan kendala tidak memiliki uang sama sekali untuk menonton bersama teman? Mungkin anda di rumah memiliki koneksi internet sehingga anda berpikiran untuk mengunduh film terbaru itu saja, dan di saat inilah anda akan kelabakan karena ternyata film yang anda ingin tonton tidak memiliki subtitle berbahasa Indonesia, meskipun anda sudah searching tetapi hasil negatif dan tidak menemukan juga. Inilah yang saya maksudkan dimana bahasa inggris sekarang amat sangat penting untuk dikuasai, karena saya yakin bahasa inggris akan menentukan potensi diri kita dikemudian hari nanti di samping memang bahasa inggris adalah bahasa nomor 1 di dunia yang selalu dipergunakan.

2. Mengerti dan paham mengoperasikan teknologi canggih

Kali ini, saya yakin para sobat yang membaca posting saya berikut pastilah sudah mahir mengoperasikan teknologi yang saya maksud, tepat, itu adalah komputer. Komputer adalah inovasi tercanggih di era sekarang ini, penggunaan dan manfaatnya sekarang semakin dimaksimalkan, mulai dari data-data yang semakin mudah di manage dan bahkan penggunaan internet sebagai pintu sumber informasi termutakhir abad ini. Komputer akan semakin dikembangkan dan akhirnya akan lahir banyak produk teknologi yang canggih lainnya, oleh karena itu skill kita dalam mengusai teknologi canggih pasti akan diperhitungkan kedepannya.

2 wacana di atas adalah fakta dimana era globalisai sekarang ini menekan kita untuk memiliki skill lebih dari mereka yang lainnya, dan wacana yang saya berikan di atas memiliki contoh yang nyata dalam kehidupan kita.

Generasi penerus, apabila 2 hal skill di atas sudah kita miliki, maka berbanggalah pada dirimu karena telah mampu bersaing di era global sekarang untuk mulai mengukir berbagai macam prestasi dengan bakat-bakatmu teman.

Mari sekarang kita lihat teman-teman kita di luar sana yang telah mengukir berbagai macam prestasi, prestasi nasional dan kita harus patut turut bangga karena prestasi mereka juga telah mencapai kategori prestasi internasional. Berikut saya rangkum informasi mengenai prestasi-prestasi mereka  yang saya peroleh dari berbagai sumber:

1. Diri saya pribadi sangat takjub dan bangga ketika membaca berita yang satu ini, 2 orang anak bernama Fahma Waluya (12 tahun) dan adiknya Hania Pracika (6 tahun) berhasil mencetak rekor dan berhasil menang sebagai juara satu APICTA (Asia Pacific ICT Awards) AWARDS INTERNATIONAL yang telah diselengarakan pada 12-16 Oktober 2010 lalu, mereka berhasil membuat kumpulan program game edukasi sederhana yang dibuat menggunakan Adobe Flash Lite untuk ponsel Nokia E71 dengan judul "My Mom's Mobile Phone As My Sister's Tutor" (Ponsel Ibuku Untuk Belajar Adikku). Dan ini adalah sebuah contoh nyata dan patut dibanggakan serta dicontoh anak muda sekarang.

2. Ini adalah berita dari tim mekanik Isuzu Indonesia yang sukses meraih posisi kedua dalam ajang Isuzu Technical Competition (ITC),  ajang kompetisi yang menguji pengetahuan dan kemampuan teknis para mekanik Isuzu sedunia yang diselengarakan akhir Oktober lalu.

3. Gambar mobil di atas adalah karya rancangan Siswa SMKN 1 Singosari yang berhasil menciptakan 5 unit mobil.

4. Indonesia juga pada bulan Juli 2010 lalu berhasil membawa oleh-oleh yang membanggakan dari mereka siswa Indonesia dalam ajang Olimpiade Fisika International (IPhO) ke-41 di Zagreb, Kroasia. Mereka Christian George Emor (SMA Lokon St. Nikolaus Tomohon Sulawesi Utara), David Giovanni (SMAK Penabur Gading Serpong, Banten), Kevin Soedyatmiko  (SMAN 12 Jakarta), dan Muhammad Sohibul Maromi (SMAN 1 Pamekasan Madura) berhasil membawa 4 buah medali emas dari ajang olimpiade tersebut.

5. Indonesia juga lagi-lagi turut mempersembahkan 5 buah medali emas, 2 medali perak dan 2 medali perunggu dari berbagai cabang olahraga dalam ajang ASEAN UNIVERSITY GAMES ke-15 di Thailand pada bulan Desember 2010 ini.

Wow, dari 5 macam prestasi yang saya tampilkan diatas adalah pasti sangat membanggakan bagi kita para rakyat Indonesia terutama ini akan memotivasi kita para sang penerus ketahtaan Indonesia. Prestasi di atas merupakan 5 dari sekian banyak prestasi Indonesia lainnya di tahun 2010 ini. Sungguh sangat membanggakan apa yang Indonesia selama ini telah perjuangkan, kita memperoleh berbagai macam perhargaan yang turut membawa & mengharumkan nama Indonesia di kancah kompetisi internasional.

"Anak Indonesia Harapan Masa Depan" adalah tema yang tepat yang diangkat oleh blog Smart Blog Competition 2010 untuk menyadarkan, untuk mengetuk pintu hati kita para generasi bangsa agar sadar betapa Indonesia adalah jiwa kita, tanah air kita yang mesti kita junjung tinggi dan kita banggakan, untuk kita para generasi muda mengukir prestasinya nasional maupun internasional yang otomatis akan mengharumkan bangsa Indonesia itu sendiri.

Pesan Untuk Semua
Apa yang kita lakukan hari ini akan menentukan segala hal di masa depan, kita para penerus bangsa, kita sebagai generasi tangguh yang bercita-cita meninggikan kehormatan NKRI ini, maka wahai temanku semua mari kita satu padukan kemampuan yang kita miliki, berusaha semaksimal mungkin akan apa yang kalian dapat lakukan sekarang ini, karena tidak dapat dipungkiri harkat martabat Republik Indonesia ini ada di tangan kita sang para penerus, kalau bukan kita yang menjaga satu kesatuan bangsa kita, kalau bukan kita yang mengokohkan kekuatan Indonesia, lalu siapa lagi? Tiada yang berhak kecuali kita yang berdarah nenek moyang satu, berbahasa satu, dan bertanah air satu yaitu Indonesia.

Demikianlah wacana yang saya sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai kita sebagai generasi penerus bangsa, artikel/wacana ini saya dedikasikan demi rangkaian mengikuti lomba blog SMART BLOG COMPETITION 2010 yang diselenggarakan oleh http://smartblogcompetition.blogspot.com dengan bertemakan "Anak Indonesia Harapan Masa Depan".

Ucapan terima kasih:


Sumber berita & gambar:

1. Wikipedia

37 comments

Anonymous said... Reply @ December 18, 2010 at 5:00 PM

aku ska maa nie smua .

krna abg ku trsyang yg buat .

hha .

:))

Anonymous said... Reply @ December 18, 2010 at 5:48 PM

terus berkarya ya Andree..

Anonymous said... Reply @ December 18, 2010 at 6:05 PM

sip dah !!!

Anonymous said... Reply @ December 18, 2010 at 8:10 PM

that.s right !

keep moving forward for young generation of indonesiaa !!

( aiiAndree )

Anonymous said... Reply @ December 19, 2010 at 3:18 AM

that's right.. it's timee for us to change our Indonesia being better.

We can be a great one..

Lara Rizqy Yoriza said... Reply @ December 19, 2010 at 9:03 AM

semangat. LOH (?)
sip dah
:X

blok aku woy said... Reply @ December 19, 2010 at 11:35 AM

keren keren ..
itu artikel kamu sepenuhnya ? :D

Andree Arief Pratama said... Reply @ December 19, 2010 at 11:52 AM

@aL: iya, itu saya sendiri ya tulis, no copas!

Anonymous said... Reply @ December 19, 2010 at 12:13 PM

semboyan yang cocok untuk Indonesia yaitu "Habis gelap, Terbitlah terang" maka dengan semboyan itu, anak Indonesia akan merasakan gagal di awal dan sukses di akhir.

Anonymous said... Reply @ December 19, 2010 at 2:12 PM

turut senang deh akuh..
artikelnya bagos...

lanjutkan..

blok aku woy said... Reply @ December 19, 2010 at 4:59 PM

iya bagus kog.
oh ya APICTA Awards itu apa ?

Anonymous said... Reply @ December 19, 2010 at 5:17 PM

@aL: Andre pun gak banyak tau sih soal itu, tapi yang saya dapat dari om google, APICTA (Asia Pasific ICT Awards), award ini adalah penghargaan di bidang ICT yang terkhusus pada piranti lunak(software). Setahun sekali selalu di lakukan.

Anonymous said... Reply @ December 22, 2010 at 2:22 PM

good luck :D

Unknown said... Reply @ February 3, 2014 at 10:19 AM

anak indonesia adalah generasi pnerus bgsa :)

mobil baru
http://goo.gl/fW3nCw

Unknown said... Reply @ February 3, 2014 at 10:19 AM

gnerasi pnerus bgsa. :)

mobil baru
http://goo.gl/fW3nCw

mobil irit said... Reply @ February 13, 2014 at 11:25 AM

nice share. nice post. semoga bermanfaat bagi kita semua :)
keep update!
mobil irit

mobil terbaik said... Reply @ February 18, 2014 at 10:44 AM

nice share. nice post. semoga bermanfaat bagi kita semua :)
keep update!
mobil terbaik

Unknown said... Reply @ February 21, 2014 at 4:26 PM

terima kasih atas informasinya..
kunjungi juga website kami city car

sukses selalu

Unknown said... Reply @ February 21, 2014 at 4:28 PM

terima kasih atas informasinya..
kunjungi juga website kami mobil murah toyota

sukses selalu

Unknown said... Reply @ March 11, 2014 at 9:46 AM

terima kasih atas informasinya..
semoga dapat bermanfaat bagi kita semua :) Mobil Amerika

mobil keren said... Reply @ March 18, 2014 at 3:19 PM

terima kasih atas informasinya..
semoga dapat bermanfaat bagi kita semua :) mobil keren

harga daihatsu Terios 2014 said... Reply @ April 1, 2014 at 1:25 PM

Jangan berhenti untuk terus berkarya, semoga

kesuksesan senantiasa menyertai kita semua.
keep update!Harga Daihatsu terios 2014

harga honda jazz 2014 said... Reply @ April 12, 2014 at 2:43 PM

Jangan berhenti untuk terus berkarya, semoga kesuksesan senantiasa menyertai kita semua.
keep update!Harga Honda Jazz 2014

Eva Celia said... Reply @ April 29, 2014 at 2:19 PM


terima kasih atas informasinya..
semoga dapat bermanfaat bagi kita semua :) Eva Celia

John said... Reply @ November 19, 2015 at 1:08 PM

adidas originals
nike air max
air max 90
michael kors outlet stores
uggs clearance
ray ban outlet
louis vuitton outlet
hollister uk
louis vuitton handbags
ralph lauren uk
the north face outlet
oakley sunglasses
tiffany and co
ugg boots
michael kors outlet
louis vuitton
ralph lauren outlet
cheap uggs
jordans
timberland boots
ugg boots
cheap soccer shoes
louis vuitton backpack
celine handbags
coach outlet
kd shoes
michael kors outlet
polo ralph lauren
coach factory outlet
ugg boots
20151119yuanyuan

mmjiaxin said... Reply @ December 28, 2015 at 10:58 AM

michael kors handbags
louis vuitton handbags
true religion outlet
mulberry outlet store
supra shoes
cyber monday deals
longchamp handbags
roshe run men
coach factory outlet
nike air huarache
cheap nba jerseys
air jordan 11
nike free 5
prada sneakers
cheap jordan shoes
michael kors factory online
ugg boots on sale
giuseppe zanotti outlet
mlb jerseys
oakley sunglasses wholesale
mm1228

Unknown said... Reply @ November 4, 2016 at 8:07 AM

juicy couture outlet
adidas uk
true religion jeans
ferragamo shoes
cheap jordans
oakley sunglasses
michael kors handbags clearance
ed hardy clothing
longchamp handbags
polo ralph lauren
michael kors handbags cheap
ugg outlet
true religion jeans
ralph lauren
moncler coats
nike air force 1
ferragamo shoes
ralph lauren uk
mulberry handbags
ugg outlet
ugg boots
air max 90
nike blazer pas cher
ralph lauren uk
yeezy boost 350
ray ban sunglasses
michael kors handbags
ray ban sunglasses sale
canada goose outlet
fitflop clearance
mac cosmetics
tiffany and co
uggs outlet
football shirts
nike outlet store
20161104lck

Medical Procedure in India said... Reply @ February 12, 2018 at 7:06 PM

Thank you, that was just an awesome post!!!

Medical Procedure in India said... Reply @ February 12, 2018 at 7:39 PM

That is great to hear, thank you for reading!

Medical Procedure in India said... Reply @ February 12, 2018 at 8:03 PM

Thanks for sharing that. It was fun reading it. :-)

Medical Procedure in India said... Reply @ February 13, 2018 at 4:21 PM

Thanks for sharing that. It was fun reading it. :-)

Dr. Susovan Banerjee said... Reply @ April 25, 2018 at 3:42 PM

That is great to hear, thank you for reading!

Miscarriage said... Reply @ May 30, 2018 at 4:12 PM

That was a VERY interesting one! Seriously interesting.

Optic Nerve treatment in India said... Reply @ August 6, 2018 at 2:54 AM

Thanks for great article sharing...

low cost Dermatomyositis treatment in India said... Reply @ August 6, 2018 at 2:56 AM

Greetings and thank you very much for share

Penile Implant in India said... Reply @ August 6, 2018 at 4:02 PM

Thanks for sharing that. It was fun reading it. :-)

Free Wordpress Theme said... Reply @ February 13, 2019 at 4:22 PM

Thanks for the great information on this post.

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
http://bacaanmu.blogspot.com/
http://bacaanmu.blogspot.com/