> Peternakan, Faktor Utama Pemanasan Global Peternakan, Faktor Utama Pemanasan Global ~ Bacaanmu Peternakan, Faktor Utama Pemanasan Global
| 5 comments ]
Defenisi Pemanasan Global

Sebelum memulai membahas topik ini, maka ada baiknya kita pahami dahulu apa itu defenisi dari pemanasan global. Pemanasan global atau sering disebut “Global Warming” adalah saat ketika suhu rata-rata permukaan bumi dari suhu normal meningkat sebagai akibat bertambahnya jumlah emisi gas rumah kaca di atmosfer.


Sadar ataupun tidak, pemanasan global telah berhasil merusak bentuk geografis bumi kita ini, merubah iklim yang terjadi menjadi semakin ekstrim, dan lebih lanjut akan membahayakan kehidupan seluruh makhluk hidup yang ada di bumi terkhusus bagi manusia. Penelitian yang dilakukan oleh para ilmuan terkenal pada beberapa dekade terakhir ini berhasil menunjukkan hasil positif mengenai isu pemanasan global yang dirasakan, dan pemanasan global itu memang benar terjadi. Penelitian itu menarik kesimpulan bahwa makin panasnya bumi ini terkait langsung dan dipengaruhi akan jumlah gas-gas rumah kaca yang semakin bertambah yang disebabkan oleh ulah manusia itu sendiri.

Emisi Gas Yang Mempengaruhi Terjadinya Pemanasan Global

Kontributor terbesar pemanasan global saat ini adalah Karbon Dioksida (CO2), Metana (CH4) yang dihasilkan dari agrikultur dan peternakan (terutama dari sistem pencernaan hewan-hewan ternak), Nitrogen Oksida (NO) dari pupuk, dan gas-gas yang digunakan untuk kulkas dan pendingin ruangan (CFC). Rusaknya hutan-hutan yang seharusnya berfungsi sebagai penyimpan CO2 juga makin memperparah keadaan ini karena pohon-pohon yang mati akan melepaskan CO2 yang tersimpan di dalam jaringannya ke atmosfer.

          Setiap gas rumah kaca memiliki efek pemanasan global yang berbeda-beda. Beberapa gas menghasilkan efek pemanasan lebih parah dari CO2. Sebagai contoh sebuah molekul metan menghasilkan efek pemanasan 23 kali dari molekul CO2. Molekul NO bahkan menghasilkan efek pemanasan sampai 300 kali dari molekul CO2. Gas-gas lain seperti chlorofluorocarbons (CFC) ada yang menghasilkan efek pemanasan hingga ribuan kali dari CO2. Tetapi untungnya pemakaian CFC telah dilarang di banyak negara karena CFC telah lama dituding sebagai penyebab rusaknya lapisan ozon. Kalau kita bisa cermati kata perkata di atas, bias kita lihat betapa buruknya keadaan bumi ini apabila kita membiarkan gas-gas rumah kaca itu terus bertambah dan membumbung di atmosfer kita ini. 

        Adapun banyak faktor yang kita ketahui sangat mempengaruhi terjadinya pemanasan global ini. Namun, pada artikel ini yang saya akan ulas yang saya akan sampaikan adalah hanya salah satu faktor penyebabnya namun faktor ini ada hal yang paling mempengaruhi atau berdampak paling besar yang menyebabkan pemanasan global terjadi.

Penyebab Pemanasan Global, Peternakan Jadi Masalah Utama

          Meyinggung sedikit akan faktor-faktor yang mempengaruhi pemanasan global, ada beberapa indikasi yang para peneliti ungkapkan bahwa faktor pemanasan global ialah sebagai berikut:

1.Konsumsi daging, peternakan merupakan masalah utama penyebab pemanasan global.

2.Kendaraan bermotor dan industri penyumbang emisi karbon setiap harinya.

3.Penggundulan hutan membuat karbon yang disimpan tumbuhan menjadi terlepas bebas ke atmosfer.

4.Barang sekali pakai (disposable item) menyebabkan pencemaran tanah maupun air. Contoh: botol air minum, limbah yang tidak didaur ulang, dan bahan rumah tangga yang tidak ramah lingkungan.

          Terlihat dari data di atas, peringkat pertama diduduki oleh daging yang menjurus pada peternakan. Menurut data yang saya peroleh, sektor peternakan telah menyumbang 9 persen Karbon Dioksida, 37 persen gas metana (mempunyai efek pemanasan 72 kali lebih kuat dari CO2 dalam jangka 20 tahun, dan 23 kali dalam jangka 100 tahun), serta 65 persen Nitrogen Oksida (mempunyai efek pemanasan 300 kali lebih lebih kuat dari CO2). Peternakan juga menimbulkan 64 persen Amonia yang dihasilkan karena campur tangan manusia sehingga hujan asam terjadi.  


          Laporan dari konferensi pers pada tanggal 15 Januari yang diselenggarakan oleh Panel Antar Pemerintah untuk Perubahan Iklim (IPCC - Intergovernmental Panel on Climate Change), ketua IPCC – Dr. Pachuari mengungkapkan bahwa jika umat manusia tidak bertindak sekarang, maka perubahan iklim akan berdampak serius. Ia juga dengan jelas menyampaikan cara untuk menghentikan perubahan iklim, yaitu dengan berhenti makan daging dan beralih ke gaya hidup yang lebih hijau.

          Dalam laporan yang PBB keluarkan yang ditulis oleh bapak Steinfeld, pengarang senior dari Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO), Dampak Buruk yang Lama dari Peternakan - Isu dan Pilihan Lingkungan (Livestock’s Long Shadow–Environmental Issues and Options), mencatat dan menyatakan bahwa industri peternakan di seluruh dunia adalah penghasil emisi gas rumah kaca terbesar sebanyak 18% dan jumlah ini disimpulkan melebihi kadar emisi gas yang disumbang oleh sektor transportasi sebanyak hanya 13%.

          Dalam kaji kadar emisi gas rumah kaca yang terus semakin bertambah, 18% yang disumbangkan oleh sektor peternakan dikatakan sangatlah besar. Selain membuat polusi di udara, ternyata peternakan yang ada di seluruh dunia dapat dikatakan sebagai pembuat polusi tanah karena aktifitasnya menyita sebanyak 30% permukaan tanah kering bumi dan 33% dari area tanah yang subur dijadikan ladang untuk menanam pakan ternak. Adapun laporan yang menyatakan, peternakan menyebabkan 80% penggundulan hutan Amazon untuk lahan ternak itu sendiri. Fakta-fakta ini dapat kita simpulkan bahwa peternakan merugikan kita dari segala sektor abiotik yang membuat makhluk hidup mampu bertahan.

          Peternakan juga bertanggung jawab atas konsumsi dan polusi air yang sangat banyak. Di Amerika Serikat sendiri, trilyunan galon air irigasi digunakan untuk menanam pakan ternak setiap tahunnya. Sekitar 85% dari sumber air bersih di Amerika Serikat digunakan untuk itu. Ternak juga menimbulkan limbah biologi berlebihan bagi ekosistem.

Konsumsi air untuk menghasilkan satu kilo makanan dalam pertanian pakan ternak di Amerika Serikat
1 kg daging
Air (liter)
Daging sapi
1.000.000
Ayam
3.500
Kedelai
2.000
Beras
1.912
Gandum
900
Kentang
500

          Cukuplah fakta dan laporan yang ada di atas, sungguh mengerikan dampak negatif yang diberikan oleh sektor peternakan tersebut.

          Lalu, bagaimana kita bisa turut berperan dalam menyelamatkan bumi ini jika setiap harinya kita selalu mengkonsumsi daging? Apa solusi yang tepat?

          Beberapa hari sebelum saya membuat artikel ini, saya membuka internet dan saya temukan sebuah solusi yang pas. Ada seorang guru besar yang terkenal yang sering dipanggil Maha Guru Ching Hai, beliau mengatakan:  

“80% pemanasan global akan berhenti bila semua orang atau setidaknya 2/3-nya menjadi vegan”

          Vegan yang beliau maksud disini adalah kiat diet vegetarian yang tidak sama sekali atau menghindari mengkonsumsi asupan makanan dari hewan seperti susu, telur, ikan, dan daging. Ada 3 macam jenis vegetarian yaitu, lacto vegetarian namun mereka masih mengkonsumsi susu, ovo vegetarian adalah mereka yang masih mengkonsumsi telur, dan terakhir adalah lacto-ovo vegetarian mereka yang masih mengkonsumsi susu dan telur. Namun, yang Maha Guru Ching Hai maksud adalah vegan yang benar-benar sama sekali hanya mengkonsumsi produksi pangan dari tumbuhan atau tanaman.

          Sejujurnya, kita dapat merasakan memang akan sangat sulit merubah pola makan kita yang omnivora atau memakan segalanya. Merubah pola makan harus diniatkan, dan kita dapat mulai perlahan misalkan mengurangi asupan daging setidaknya tidak memakan daging 3 hari dalam seminggu.

          Merubah pola hidup global lebih sulit dari pada merubah pola hidup sendiri yang dimulai dari merubah pola makan kita. Karena jika ingin merubah trend hidup global yang menggunakan kendaraan bermotor untuk transportasi kemanapun dengan mengganti kendaraan menjadi kendaraan energi alternatif, pasti itu amat sulit dan akan memakan banyak waktu, usaha, serta uang untuk perubahan keseluruhan. Lagipula, hewan adalah makhluk hidup yang dapat merasakan kesakitan juga, apabila kita menyakitinya maka tuhan akan murka pada kita.

Larangan Mengkonsumsi Daging Dari Berbagai Agama

Islam
“Jangan biarkan perutmu menjadi kuburan hewan!”

*Nabi Muhammad, Hadis

Kristen
“Selagi daging itu ada di mulut mereka, sebelum dikunyah, maka bangkitlah murka Tuhan terhadap bangsa itu dan Tuhan memukul bangsa itu dengan suatu wabah yang sangat besar.”

*Bilangan 11:33, Alkitab

Hindu
“Dia yang ingin memelihara badannya dengan memakan daging dari makhluk hidup lain, akan hidup dalam kesengsaraan dalam wujud makhluk apapun pada kehidupan berikutnya.”

*Mahabharata, Anu. 115.47. FS. Hal. 90

Budha
“…semua daging yang dimakan oleh makhluk yang hidup adalah daging keluarga mereka sendiri.”

*Sutra Lankavatara (Tripitaka No. 671)



50 TIPS EFEKTIF SELAMATKAN BUMI

      Sebenarnya untuk mempertahankan bumi kita, kita tidak memerlukan sebuah perubahan yang drastis. Semua bisa kita cegah sejak dini dengan merubah segala rutinitas atau aktifitas kita yang menyebabkan emisi gas semakin membeludak di atmosfer. Merubah sedikit rutinitas akan menyelamatkan bumi dan juga dapat menghemat pengeluaran uang kita juga. Hal yang terpenting adalah, berikanlah tempat yang nyaman dan lebih baik untuk anak cucu kita tinggal nanti.


Makanan dan Minuman
1. Kurangi konsumsi daging - bervegetarian adalah yang terbaik! Berdasarkan penelitian, un­tuk menghasilkan 1 kg daging, sumber daya yang dihabiskan setara dengan 15 kg gandum. Bayangkan bagaimana kita bisa menyelamatkan bumi dari kekuran­gan pangan jika kita bervegetarian.

2. Makan dan masaklah dari bahan yang masih segar. Menghindari makanan yang sudah diolah atau dikemas akan menurunkan energi yang terbuang akibat proses dan transportasi yang berulang-ulang. Makanan segar juga lebih sehat bagi tubuh kita.

3. Beli produk lokal, hasil pertanian lokal sangat murah dan juga sangat menghemat energi, terutama jika kita menghitung energi dan bi­aya transportasinya. Makanan organik lebih ramah lingkungan, tetapi periksa juga asalnya. Jika diimpor dari daerah lain, kemungkinan emisi karbon yang dihasilkan akan lebih besar dari pada manfaatnya.

4. Daur ulang aluminium, plastik, dan kertas. Akan lebih baik lagi jika Anda bisa menggunakannya berulang-ulang. Energi untuk membuat satu kaleng alumunium setara dengan energi untuk menyalakan TV selama 3 jam.

5. Beli dalam kemasan besar. Akan jauh lebih murah, juga menghe­mat sumber daya untuk kemasan. Jika terlalu banyak, ajaklah teman, saudara Anda untuk berbagi saat mem­belinya.


6. Matikan oven Anda beberapa menit sebelum waktunya. Jika tetap dibiarkan tertutup, maka panas tersebut tidak akan hilang.


7. Hindari fast food. Fast food meru­pakan penghasil sampah terbesar di dunia. Selain itu konsumsi fast food juga buruk untuk kesehatan Anda.

8. Bawa tas yang bisa dipakai ulang. Bawalah sendiri tas belanja Anda, dengan demikian Anda mengu­rangi jumlah tas plastik/kresek yang diperlukan. Belakangan ini beberapa pusat perbelanjaan besar di Indonesia sudah mulai mengedukasi pelanggan­nya untuk menggunakan sistem seperti ini. Jadi sambutlah niat baik mereka untuk menyelamatkan lingkungan.

9. Gunakan gelas yang bisa dicuci. Jika Anda terbiasa dengan cara modern yang selalu menyajikan minum bagi tamu dengan air atau kopi dalam kemasan. Beralihlah ke cara lama kita. Dengan menggunakan gelas kaca, keramik, atau plastik food grade yang bisa kita cuci dan dipakai ulang.

10. Berbelanjalah di lingkungan di sekitar Anda. Akan sangat menghemat biaya tansportasi dan BBM Anda.

11. Tanam pohon setiap ada kesempatan. Baik di lingkungan ataupun dengan berpartisipasi dalam program penanaman pohon. Bisa dengan menyumbang bibit, dana, dll. Tergantung kesempatan dan kemam­puan Anda masing-masing.

Di Rumah
12. Turunkan suhu AC Anda. Hindari penggunaan suhu maksimal. Gunakan AC pada tingkatan sampai kita merasa cukup nyaman saja. Dan cegah kebocoran dari ruangan ber-AC Anda. Jangan biarkan ada celah yang terbuka jika Anda sedang menggunakan AC Anda karena hal tersebut akan membuat AC bekerja lebih keras untuk mendinginkan ruangan Anda. Pada akhirnya hal ini akan menghemat tagihan listrik Anda.

13. Gunakan timer untuk menghindari lupa mematikan AC. Gunakanlah timer sesuai dengan kebiasaan Anda. Misalnya jam kantor Anda adalah pukul 8.00 sampai 17.00. Set timer AC Anda sesuai dengan jam kantor tersebut. Dengan begitu tidak ada lagi insiden lupa mematikan AC hingga keesokan harinya.
14. Gunakan pemanas air tenaga surya. Meskipun lebih mahal, dalam jangka panjang hal ini akan menghemat tagihan listrik Anda. Bahkan saat ini sudah ada penerang jalan dengan tenaga surya.

15. Matikan lampu tidak terpakai dan jangan tinggalkan air menetes. Selain menghemat energi dan air bersih, ini akan menghemat ba­nyak tagihan Anda.

16. Gunakan lampu hemat energi. Meskipun lebih mahal, rata-rata mereka lebih kuat 8 kali dan lebih hemat hingga 90% dari lampu pijar biasa.

17. Maksimalkan pencahayaan dari alam. Gunakan warna terang di tembok, gunakan genteng kaca diplafon, maksimalkan pencahayaan melalui jendela.

18. Hindari posisi stand by pada elektronik Anda! Jika semua peralatan rumah tangga kita matikan (bukan dalam posisi stanby) maka kita akan mengurangi emisi CO2 yang luar biasa dari penghematan ener­gi listrik. Gunakan colokan lampu yang ada tombol on-off-nya. Atau cabut kabel dari sumber listriknya.

19. Jika pengisian ulang baterai anda sudah penuh, segera cabut!. Telepon genggam, pencukur elektrik, sikat gigi eleltrik, kamera, dll. Jika sudah penuh segera cabut.

20. Kurangi waktu dalam membuka lemari es Anda. Untuk setiap menit Anda membuka pintu lemari es. Akan diperlukan 3 menit full energi untuk mengembalikan suhu kulkas ke suhu yang diinginkan.

21. Jangan membeli bunga potong. Jika daerah Anda bukan penghasil bunga hias, maka bisa dipastikan bunga itu dikirim dari tempat lain. Hal ini akan menghasilkan jejak karbon yang besar.

22. Potong makanan dalam ukuran yang lebih kecil. Ukuran potongan yang lebih kecil akan menggunakan energi lebih sedikit untuk memasaknya.

23. Gunakan air dingin untuk mencuci dan cucilah dalam jumlah banyak. Jika Anda memiliki keluarga kecil, tidaklah perlu setiap hari mencuci. Kumpulkanlah sampai kapa­sitas mesin cuci Anda terpenuhi, hal ini akan menghemat air, mengurangi pemakaian listrik dan juga mengurangi pencemaran akibat deterjen Anda.

24. Gunakan deterjen dan pembersih ramah lingkungan. Saat ini mungkin harganya memang lebih mahal. Tetapi bila Anda mampu, lakukanlah demi masa depan anak cucu kita.

25. Gunakan ulang perabotan rumah Anda. Jika Anda sudah bosan dengan perabotan Anda, Anda bisa melakukan obral di ga­rasi rumah, berikan kepada orang lain. Atau bawa ke pengerajin untuk dimodi­fikasi sesuai keinginan Anda.

26. Donasikan mainan yang sudah tidak pantas untuk umur anak Anda.

27. Jika menggunakan deodorant atau produk-produk semprot lainnya, jangan menggunakan aerosol. Pilihan spray dengan kemasan botol kaca akan lebih baik. Aerosol juga penyumbang besar dalam pencemaran udara kita.

Dalam Pekerjaan
28. Makan siang dikantor. Jika kita sering makan diluar kan­tor dengan bungkusan dan rutin, lebih baik jika Anda membeli kotak makan atau tempat minum yang kuat dan bisa dipakai berulang kali. Hindari media bungkus plastik atau stereofoam (berasal dari minyak bumi dan susah untuk diuraikan).

29. Gunakan kertas lebih sedikit. Gunakan email internal Anda dan software perkantoran un­tuk membuat laporan internal. Cetaklah laporan/presentasi hanya jika diperlu­kan untuk melakukan kesepakatan den­gan pihak luar.

30. Matikan peralatan kantor Anda. Matikan dari sumbernya­, jangan dibuat stand by, matikan UPS dan trafo. Jika perlu cabut dari sumber listriknva.

31. Gunakan e-banking. Alihkan tagihan kartu kredit Anda melalui penagihan lewat email, beberapa bank di Indonesia sudah dapat melakukannya. Bank-bank di Indonesia saat ini umumnya telah menyediakan fasilitas e-banking yang sangat leng­kap. Kita bisa melakukan hampir semua transaksi pembayaran,transfer, pembe­lian voucher, dll melalui internet bank­ing, bahkan mobile banking.

32. Memaksimalkan penggunaan e-banking akan menghemat banyak waktu dan biaya Anda. Anda telah menghemat dan menyelamatkan banyak pohon dan konsumsi CO2 untuk proses pembuatan kertas. Anda juga menghemat sangat banyak konsumsi BBM yang dibutuh­kan untuk pergi ke bank atau ke ATM.
Dalam Perjalanan
33. Berlibur akan sangat menin­gkatkan jejak karbon Anda. Terutama jika dilakukan den­gan menggunakan pesawat. Berliburlah di dalam negeri dan gunakanlah trans­portasi darat! Hal ini dapat mengurangi banyak sekali emisi karbon.

34. Kurangi perjalanan bisnis. Teknologi sekarang sangat memungkinkan untuk melakukan teleconference, juga menyediakan begitu banyak metode berkomu­nikasi via internet. Ditambah lagi de­ngan makin murahnya biaya internet, Anda akan menghemat banyak pengeluaran perjalanan Anda, dan tentunya mengurangi jejak karbon Anda secara signifikan. Pengecualian dapat dilakukan untuk transaksi yang membutuh­kan tanda tangan Anda atau yang benar-­benar membutuhkan kehadiran Anda.

35. Gunakan handuk hotel Anda lebih dari satu hari. Anda akan menghemat salah satu sum­ber daya terpenting, yaitu air, dan juga mengurangi pencemaran akibat deter­jen yang dipakai. Lebih jauh lagi, Anda menghemat energi dari mesin pencuci dan pengering yang digunakan.

Mengemudi
36. Gunakan mobil antar jemput untuk sekolah anak Anda, hal ini akan sangat mengurangi beban BBM Anda, sopir, dan cicilan kendaraan. Jika belum ada, mungkin Anda bisa memulainva, dan menjadi­kan sebagai bisnis Anda.

37. Kecil itu indah dan hemat. Jika Anda tidak bisa lepas dari penggunaan mobil, gunakanlah city car atau mobil dengan bahan bakar bio fuel, elektrik, hibrida, bahkan hidrogen, tergantung dari kemam­puan Anda masing-masing. Tidak perlu membeli SUV besar 4 x 4 jika Anda tidak bekerja dipertambangan atau perkebu­nan. Gunakan kendaraan hibrida bila Anda mampu membelinya.

38. Ganti bahan bakar Anda. Gu­nakan bahan bakar alami atau yang dapat diperbarui (di Indonesia tersedia bio solar dan bio pertamax). Luar biasa jika Anda bisa menggunakan bahan bakar hidrogen.

39. Cek tekanan angin ban dan jadwal service Anda. Dari be­berapa survei dipercaya menjaga kondisi mobil Anda pada kondisi optimal akan menghemat 5% penggu­naan bahan bakar Anda.

40. Sewa mobil saat diperlukan. Jika mobil bukan sarana utama maka menyewa adalah pilihan yang baik. Termasuk jika Anda hanya memerlukan kendaraan besar (Family Car atau SUV) untuk be­berapa kesempatan saja. Penghematan dari cicilan ataupun bahan bakar harian Anda akan sangat terasa.

41. Matikan mesin saat menunggu di sekolah anak Anda atau saat terjadi kemacetan total. Ini sangat sering terjadi. Panas saat menunggu bisa dikurangi dengan menggunakan kaca film yang baik atau penqhalang matahari yang banyak dijual di toko aksesoris mobil. Atau parkirkan mobil Anda ditempat yang rindang.

42. Berbagilah! Carilah rekan kerja. Teman yang area kerjanya sejalan dengan tujuan kerja Anda. Anda bisa berbagi biaya perjala­nan dengan mereka.

43. Belajarlah mengemudi yang baik. Ganti perseneling lebih awal bisa mengu­rangi konsumsi BBM hingga 15%. Jika mendekati kemacetan atau lampu lalu lintas berhentilah perlahan bukan den­gan rem mendadak. Hindarkan menge­mudi dengan kasar. Pindahkan gigi saat mencapai 2500-3000 rpm. Dan menge­mudilah di batasan 1500-3000 rpm, be­berapa survei mendapatkan hasil yang memuaskan dalam kehematan BBM dalam range tersebut.

Elektronik
44. Go rechargeable, gunakan peralatan dengan baterai yang bisa diisi ulang. Jika harus menggunakan yang satu kali buang gu­nakan lithium-ion (Li-Ion) dan nickel metal hydride (NiMH) sangat hemat bi­aya, effective.

45. Utamakan hemat energi saat membeli peralatan elektronik. Misalnya pilihlah TV LCD daripada TV CRT (TV tabung konven­sional). Carilah AC atau kulkas dengan konsumsi listrik terendah, dll. Saat ini tidak terlalu sulit untuk menemu­kan produk elektronik hemat energi karena produsen beramai-ramai mulai memfokuskan strategi pemasarannya ke produk-produk seperti itu. Lihat saja dari seberapa sering Anda melihat iklan-iklan AC hemat energi di media cetak maupun elektronik.

46. Gunakan lebih lama, jangan mudah berganti alat elektronik yang memiliki fungsi sama. Jika dilakukan, donasikan barang Anda yang lama.

Alat Kebersihan
47. Cleanergreenermeaner meskipun masih lebih mahal, produk kebersihan yang ra­mah lingkungan sudah mulai hadir di supermarket. Belilah bila Anda mampu. Sebenarnya cuka dan baking soda bisa digunakan untuk pembersihan hampir barang apapun. Campurlah cuka den­gan air hangat (50:50), larutan cuka-air tersebut dapat digunakan sebagai pem­bersih serbaguna. Baking soda bisa di­gunakan untuk membersihkan bau pada karpet.

48. Pastikan rumah Anda memiliki sirkulasi udara yang baik. Ini sangat penting agar energi dan racun sekitar kita cepat bersih. Ter­utama saat membersihkannva.

49. Untuk kesegaran ruangan, tempatkan tumbuhan yang bisa hidup di dalam ruangan, akan sangat membantu kesegaran ling­kungan Anda.

50. Untuk penanganan barang beracun, segera hubungi dinas kebersihan atau lingkungan di sekitar Anda. ­


Pesan Untuk Kita Sahabat Bumi
         Sudah sejak beberapa dekade lalu masalah ini dibahas oleh para ilmuan, itu berarti ini adalah masalah serius bukan untuk hanya sebuah kota, bukan untuk beberapa negara saja, tetapi ini mencangkup keseluruhan masyarakat internasional yang memerlukan partisipasi kita menjaga planet ini. Prediksi para ilmuan menyatakan planet ini akan hancur dalam beberapa tahun kedepan saja, apa benar? Lalu apa yang akan kita lakukan? Hanya duduk diam saja atau akan bertindak dan berusaha menghentikannya? Sungguh sangat mulia diri anda bila anda berusaha mencegahnya terjadi. Setelah hari ini, maka anak cucu kita yang akan menempati planet ini, berikan mereka kenyamanan berikan mereka tempat yang tentram, lakukan pencegahan sedini mungkin demi keberlangsungan kehidupan di bumi. Hanya lakukan hal kecil yang anda tahu itu bisa mengurangi dampak efek rumah kaca yang terjadi. Kita semua harus peduli satu sama lain, saya seorang remaja 16 tahun yang masih mau hidup lebih lama lagi di bumi ini dengan penuh kenyamanan, dan begitu pula harapan-harapan generasi bangsa selanjutnya. Mari kita bangun, kita harus membuka mata akan keterpurukan keadaan bumi kita saat ini. Jangan biarkan Tuhan semakin murka karena tingkah kita merusak semua yang telah diciptakannya. Masih akan ada kesempatan yang bisa kita manfaatkan untuk mencegah pemanasan global ini, lakukan yang terbaik.Mari cintai bumi kita yang hanya satu ini. Berpikirlah kedepan wahai kita sesama penghuni bumi, lakukan kebaikan semasa hidupmu.


GO GREEN.. 
SAVE THE WORLD!!!
                                   
what will you do?

       Bumi adalah tempat kita satu-satunya untuk hidup, maka rawatlah dan jaga bumi kita mulai dari lingkungan sekitar kita terlebih dahulu. Artikel ini saya buat bukan semata-mata hanya untuk ikut serta dalam Beat Blog Writing Contest yang diselenggarakan VHRmedia, namun ingin turut serta dalam menyadarkan masyarakat dunia terutama Indonesia mengingatkan akan persoalan pemanasan global ini yang semakin menjadi serius. Terima kasih telah membaca artikel saya yang juga turut dikutip dari beberapa sumber terpercaya. Semoga artikel ini dapat membuka mata kita dan merubah diri kita mulai hari ini juga.

Beat Blog Writing Contest Banner


Referensi Tulisan

Sumber Gambar
2.Facebook.com
3.Conserve-energy-future.com
4.Alvnsign.blogspot.com
5.Tangkije.files.wordpress.com
6.Brianrizadhani.files.wordpress.com
7.Iqbal920.files.wordpress.com

5 comments

Ahmad Alfarisyi13 said... Reply @ February 7, 2011 at 3:35 PM

Boleh juga diperhatikan.

S_N_B Profile said... Reply @ February 7, 2011 at 4:28 PM

good idea!

keren isinya,,,
ayo mulai dari sekarang ikut serta selamatkan bumi kita, dengan menyelamatkan bumi, kita juga ikut serta menyelamatkan generasi penerus kita.

ga ada salahnya jalanin kiat-kiat yang di tulis andre, selain berguna buat bumi, berguna juga buat diri kita...

Anonymous said... Reply @ February 8, 2011 at 9:51 PM

wah baru tau kalo faktor utama pmanasan global itu dari pternakan. :P thanks 4 the information !!!!
haha :D

julius malmstein ginting said... Reply @ February 8, 2011 at 10:04 PM

it's great
writing is brilliant
especially when u're writing things relating to human's life.
global warming is one of stunning issue right now, and u make a good choice n give essential info for readers about that issue

keep going boy.......
good job

andikafaris said... Reply @ February 14, 2011 at 4:49 PM

Andree, sedikit koreksi tentang tulisan ilmiah non bakunya, untuk referensinya, misalnya ; artikel dari referensi "Astriani.wordpress.com" yang sebelah mana, terus foto yang dibuat referensi dari "Iqbal920.files.wordpress.com" foto yang mana. Nah, itu kekurangannya. Tidak jauh beda dengan Daftar Pustaka di karya tulis ilmiah kok. Seperti contoh yang belum juga sempurna di sini http://andikafaris.blogspot.com/2011/01/hanya-gayus-tambunan-manusia-paling.html nah lihat kode [i], [ii] dst. jadi ketauan dan mempermudah pembaca menerimanya. hehehe. Oke, teruslah menulis. Visit ya sobat.

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
http://bacaanmu.blogspot.com/
http://bacaanmu.blogspot.com/