> 29 Cara Agar Bisa Sehat & Panjang Umur 29 Cara Agar Bisa Sehat & Panjang Umur ~ Bacaanmu 29 Cara Agar Bisa Sehat & Panjang Umur
| 0 comments ]
Panjang umur merupakan dambaan setiap orang, dan banyak yang mengira di jaman yang serba canggih ini memiliki umur panjang sudah tidak mungkin. Anggapan tersebut tidaklah salah mengingat banyak sekali racun yang terdapat di sekitar kita. Namun tidak ada salahnya untuk mencoba berbagai langkah untuk memperpanjang umur kita. Kami memiliki 11 tips untuk membuat umur anda lebih panjang, lepas dari takdir yang diberikan oleh Sang Kuasa. Langkah-langkah di bawah dapat anda tempuh juga untuk memperoleh kebahagiaan hidup dan tentu saja, terlihat awet muda dari usia anda sebenarnya.

1. Rutin cek kesehatan
Pemeriksaan kesehatan menyeluruh sangat dianjurkan untuk dilakukan secara rutin untuk mengantisipasi munculnya penyakit kronis sehingga dapat ditanggulangi sejak dini. Pemeriksaan secara berkala tersebut meliputi tes kolesterol, fungsi tiroid, pemeriksaan lab serta rontgen dan update imunisasi tertentu seperti tetanus dan hepatitis. Untuk wanita penting pula melakukan pemeriksaan serviks secara rutin untuk menghindarkan dari kanker rahim, terutama bagi pelaku seksual aktif.

2. Cek gigi secara rutin
Mengecek gigi juga penting untuk menghindari penyakit yang berhubungan dengan kesehatan gigi dan mulut seperti kanker bibir dan lidah yang membunuh 1 orang setiap jam. Gosok gigi secara teratur dan ke dokter gigi 6 bulan sekali.

3. Cinta diri sendiri
Kunci untuk mencintai diri sendiri adalah dengan bersyukur. Anda harus dapat mensyukuri hidup yang diberikan oleh Tuhan dan orang-orang yang berada di sekitar anda. Cinta kasih anda tampang orang yang lagi bahagiaterhadap diri sendiri akan berdampak pada orang-orang disekitar anda. Camkan bahwa anda tidak harus membahagiakan semua orang dan membuat semua orang menyukai anda. Bila mendapat masalah segera diskusikan dengan teman terdekat atau konsultasi ke ahli psikologi bila anda mendapat masalah serius, jangan dipendam sendiri.

4. Manajemen Stres
Kenali penyebab stress anda dan pecahkan masalahnya. Stres merupakan sebab insomnia dan berbagai penyakit lainnya. Cobalah untuk melakukan yoga atau meditasi untuk menghilangkan stress dan menyegarkan pikiran anda. Jika anda seorang muslim, mungkin melakukan sholat adalah solusi tepat dan murah untuk menghilangkan stress dan berserah diri ke Yang Kuasa.

5. Memperlambat penuaan
Memperlambat tanda-tanda penuaan dapat dilakukan dengan menggunakan kacamata hitam dan menggunakan body lotion dengan tabir surya yang melindungi kulit terutama daerah mata dari sinar ultraviolet yang berbahaya bagi kulit.

6. Olahraga rutin
Melakukan olah raga dapat mengurangi resiko berbagai macam penyakit termasuk kanker dan penyakit jantung. Berolahraga juga merupakan cara yang paling efektif untuk membakar lemak dan sangat jitu bagi para pelaku diet. Tak hanya itu, olah raga juga membuat tubuh jadi fresh dan tidak mudah lelah terutama saat melakukan aktivitas rutin.

7. Makan makanan sehat
Memakan makanan sehat dan bukan makanan pusat saji menjaga tubuh tetap sehat. Lebih bagus bila anda memakan makanan organic yang berasal dari tumbuhan yang tidak memakai pestisida untuk perawatannya. Makanan sehat tidak melulu untuk menjaga berat badan, tapi juga menyumbang bahan-bahan makanan yang diperlukan tubuh. Jaga porsi makanan supaya tidak berlebih namun juga tidak kurang.

8. Berhenti merokok
Merokok mengandung 17 macam racun di setiap batangnya. Merokok juga membuat anda rawan terkena kanker dan penyakit kardiovaskular, menopause awal dan masalah fertilitas serta menstruasi.

9. Membatasi konsumsi alkohol
Alkohol menyebabkan timbulnya penyakit sirosis dan hepatitis dengan rasio terkena lebih tinggi pada wanita. Alkohol juga dapat memicu kanker payudara dan juga kematian akibat kecanduan yang tinggi.berani bilang tidak pada narkoba

10. Seks aman
Seks aman wajib dilakukan terutama bagi orang yang tidak melakukan monogami alias berganti-ganti pasangan. Melakukan seks aman artinya menggunakan kondom setiap melakukan hubungan. Penggunaan kondom sangat penting untuk mencegah tertular penyakit kelamin juga HIV.

11. Mengemudi dengan Aman
Gunakan sabuk keselamatan selama anda berkendara. Patuhi rambu-rambu lalu lintas dan jangan mengemudi kendaraan saat anda mabuk. Dilarang menelepon sambil menyetir. Terbukti, berbicara dengan ponsel sambil menyetir sering menyebabkan kecelakaan kendaraan bermotor. Jadi mengapa terus mempertahankan aktivitas yang sekiranya bisa membunuh Anda. Dengan menghilangkan hal tersebut, artinya Anda lagi-lagi menambah usia Anda.

12. Minum lebih banyak air.
Terbukti bahwa meminum lebih banyak air mineral akan membuat tubuh tidak dehidrasi. Juga dengan menambahkan lebih banyak air ke dalam tubuh, kulit akan terlihat lebih sehat dan muda.

13. Konsumsi lebih banyak buah beri.
Buah beri seperti strawberries, blueberries, cranberries dan raspberries juga baik untuk antioksidan. Buah beri bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ini bisa membantu menghambat stroke, penuaan dan kanker serta mempertajam ingatan.

14. Turunkan kadar gula dan karbohidrat dalam makanan dan minuman Anda.
Jika Anda berhasil dapatkan tambahan usia satu tahun! Cara ini juga bisa mengurangi risiko sakit mental seperti depresi dan kekhawatiran berlebih.

15. Usahakan untuk tidur siang berkualitas.
Siapa bilang tidur siang hanya untuk anak kecil, orang menjadi sibuk dan lupa untuk menyeimbangkan kesegaran tubuhnya di siang hari. Lebih baik Anda mencuri waktu untuk tidur di jam istirahat. Tak perlu lama-lama, cukup 20 hingga 30 menit saja. Ini bisa membantu menyegarkan tubuh dan mengatasi stres.

16. Jangan lupa merapikan rumah.
Menyapu, mencuci piring atau sekedar merapikan ruang keluarga Anda ternyata berpengaruh besar terhadap kesehatan. Bersihkan rumah selama 30 menit akan membakar 150 kalori dan menurunkan tekanan darah. Masalah tekanan darah ini juga bisa memperpanjang hidup Anda. Dan untuk pria, ini adalah cara yang baik untuk membuat hubungan rumah tangga dengan istri makin mesra.

17. Berpikir positif. Orang yang kerap berpikiran negatif biasanya mudah terserang penyakit jantung, stroke dan lainnya. Kadang ada pentingnya Anda tak terlalu membebankan semua masalah di pundak sendiri dan bagaimana caranya Anda bisa berbagi dengan orang lain.

18. Belajar tertawa.
Tertawa bisa membantu Anda merasa lebih baik dalam menjalani hidup.

19. Berakhir pekan romantis.
Coba habiskan akhir pekan Anda untuk berlibur. Ini bisa menyegarkan otak dan tubuh. Berbag waktu romantis bersama seserang yang Anda sayangi adalah hadiah paling berharga.

20. Imbangi buah dan sayur dengan daging.
Kebiasaan macam ini bisa membantu kesehatan tubuh. Makan buah dan sayuran, segera usia Anda bertambah.

21. Bergabung dalam kegiatan amal.
Seseorang yang merasa dirinya berguna dan penting pasti punya tujuan hidup yang lebih jelas. Hal positif ini tentu saja bisa membuat tubuh bersemangat, bahagia dan panjang umur.

22. Re-evaluasi dan tinggalkan persahabatan yang merugikan.
Hati-hati tak selamanya persahabatan menguntungkan. Beberapa hubungan ada yang tak sehat dan tak produktif. Ini akan membuat Anda menjadi orang yang senantiasa stres berkepanjangan. Ingatlah, betapa pentingnya menyadari tipe hubungan seperti apa yang tak bisa ditolong dan diperbaiki dan tentukan kapan waktu Anda untuk bergerak dan meninggalkan mereka.

23. Berpuasa
Suatu ungkapan kuno dari Yunani mengatakan, "Daripada menggunakan obat-obatan, berpuasalah". Dalam ajaran agama Kristen, Yesus mengatakan untuk berpuasa selama 40 hari dalam suatu meditasi. Sedang pada umat muslim di seluruh dunia selalu berpuasa selama 30 hari setiap tahunnya selama bulan suci Ramadhan. Dr. Ray Walford, peneliti terkenal dari UCLA mengatakan,"Mengurangi makan sejauh ini adalah satu-satunya metode yang kami ketahui secara konstan memperlambat proses penuaan."

24. Miliki Sahabat Baik
Kita membutuhkan orang lain untuk bisa sehat dan bahagia. "Hubungan antar individu yang baik adalah obat penangkal stres yang ampuh," jelas Micah Sadigh, Ph.D., profesor psikologi Cedar Crest College. Mental dan fisik akan lebih sehat kalau kita punya teman yang selalu mendukung.

25. Berpendidikan Tinggi
Penelitian Harvard Medical School menemukan, orang yang menempuh pendidikan tidak kurang dari 12 tahun punya harapan hidup 18 bulan lebih panjang. Selain itu, hanya 10 persen dari orang yang berpendidikan tinggi yang jadi pencandu rokok. Para ahli percaya, pendidikan membutuhkan kesadaran untuk menjaga diri dan lingkungannya

26. Anda seorang yang menyukai teh.
Baik teh hijau maupun teh hitam mengandung konsentrasi katekin (zat kimia yang membantu membuat pembuluh darah rileks dan melindungi jantung) yang cukup. Tapi pastikan untuk mengonsumsi teh segar, karena daun teh yang ditambahkan air akan menurunkan katekin beberapa hari kemudian. Sebaiknya hanya menambahkan lemon atau madu pada teh dan bukan susu, karena susu dapat menghilangkan efek protektif tersebut.

27 . Lebih suka berjalan kaki daripada naik Kendaraan.
Sebuah studi menunjukan orang yang berjalan 30 menit sehari bisa meningkatkan 4 kali kesempatan untuk hidup lebih lama dibandingkan orang yang jarang berjalan, tak peduli berapa banyak lemak ditubuhnya. Jadi berjalan kaki saat jam makan siang, berputar di lapangan atau bergerak setiap harinya bisa memiliki Banyak Manfaat.

28. Menghindari minuman Berkarbonasi/ soda bahkan yang versi diet.
Ilmuwan di Boston mengungkapkan konsumsi satu atau lebih minuman soda setiap hari bisa meningkatkan dua kali lipat risiko sindrom metabolik, termasuk tekanan darah tinggi, peningkatan insulin, kelebihan lemak di sekitar pinggang serta meningkatkan risiko jantung dan diabetes.

29. Memiliki kaki yang kuat(have a strong leg).
Bagian bawah tubuh yang kuat diartikan memiliki keseimbangan yang baik, fleksibilitas dan daya tahan. Sehingga mengurangi risiko patah tulang pinggul dan cedera lainnya yang dapat menurunkan kesehatan. Robert Butler, MD, dari International Longevity Center, USA menuturkan otot paha yang lemah bisa menjadi salah satu penyebab kelemahan di usia tua.

0 comments

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
http://bacaanmu.blogspot.com/
http://bacaanmu.blogspot.com/